BISMILLAHIRAHMANIRAHIM

Animasi

Selasa, 21 Februari 2012

Idealisme dan Integritas KU

Idealisme adalah keyakinan bahwa nilai-nilai yang ideal bisa terwujud di dunia. Orang yang idealis tidak mau menyerah pada nilai-nilai buruk. Orang yang idealis tidak mau dunia dikuasai oleh orang yang busuk. Orang yang idealis tidak mau di dunia tersebar kejahatan dan penyimpangan. Orang yang idealis yakin bahwa kebaikan dan prinsip-prinsip yang mulia bisa tegak dan tertanam di hati semua orang.
Mungkin kita sudah sering mendengar idealisme tapi bagaimana dengan integritas. Sudahkah kita mendengarnya atau malah ini pertama kalinya kamu mendengar kata INTEGRITAS??? Haduh, haduh jangan sampe dech..
Lalu apa hubungannya antara idealisme dan integritas???
Orang yang punya integritas, bisaanya punya idealisme tinggi. Dan, orang yang idealis bisaanya suka berjuang. Memperjuangkan keyakinanya dengan kerja keras dan usaha yang cerdas.
Menjadi diri sendiri adalah maksud utama dari membangun integritas. Ini yang akan menjadi kunci keselamatan kita sepanjang hidup. Seruan untuk membangun integritas diri, tertutur murni di dalam Al-quran sura Asy-syams ayat 9-10
“Dan demi jiwa dan penyempurnaan (ciptaanNya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya, sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.”
Allah SWT memberikankebebasan kepada manusia untuk menentukansendiri jalan yang akan dipiihnya. Allah SWT mengilhamkan kepada setiap manusia jalan kefasikan dan jalan ketakwaan. Tidak ada satu pun manusia yang tidak mendapatkan kedua pilihan itu.
Integritas tidak bisa dilatih, tidak bisa diajarkan.  Integritas itu hanya bisa dikembangkan. Modalnya adalah dirimu dan kejujuran yang pernah kamu lakukan seumur hidup.
Integritas berkembang dengan kita melatih diri untuk selalu berada dalam kebaikan dan kejujuran. Integritas hanya dimiliki oleh orang-orang yang berpegang pada kebenaran. Tanpa itu, kamu tidak berarti.
Orang yang berintegritas anti-berbuat jahat.  Kejahatan adalah suatu hal yang nggak mungkin dilakukan oleh seorang yang beintegritas. Cukup dengan berdiam diri dan tetap menjadi dirnya sendiri. Orang yang berintegritas ga perlu repot bikin konferensi pers atau pengumuman di media. Cukup dengan menjalani hari seperti bisaa, akhirnya orang lain akan melihat ke dalam hatimu dan prinsip yang kamu miliki.
Nah, sekarang kamu sudah mengerti,kan,integritas itu sangat penting? Tanpa memiliki integritas,kamu sulit untuk menjadi orang yang kuat. Kuat ini dalam artian kualitas diri kamu. Maksudnya, kamu menjadi pribadi yang tangguh, karena kamu memiliki integritas diri yang baik.
Untuk bisa menjadi seorang manusia yang utuh, hampir tidak mungkin bila tanpa integritas. Integritas menjadi awalan sekaligus tiang penguat kepribadian kita. Integritas membuat kamu memiliki kepribadian yang baik.
“Integritasku sbg seorng mahasiswa adlah memperjuangkan nilai-nilai moral  dan membangun kembali krtisisme mahasiswa yang telah terkikis oleh roda hedonisme yang menjadi tren masa kini idealisme dan intergritas semoga kau selalu terpatri dalam nurani membekas pada relung jiwa hingga maut itu tiba"
Jadi hidup dengan memiliki integritas itu perlu, WAJIB malah. Bayangkan ketika seorang pejabat yang tidak memiliki integritas untuk berpihak pada rakyat maka dia hanya akan mementingkan kepentingan golongannya saja. Bayangkan jika seorang guru tidak memiliki idealisme berbuat adil, guru tersebut hanyakan berpihak pada murid yang berpunya saja.
"Idealismeku sebagai seorang laki-laki adalah kuingin menghalalkanmu" itu saja.....

Tidak ada komentar: